Monday, July 30, 2012

[Rec] (2007) Review


[Rec] merupakan sebuah film Horror-Thriller dengan nuansa Zombie-Massarce yang "kita sudah tau seperti apa",banyak film lain dengan nuansa zombie massarce seperti itu,sebut saja,Night of The Dead (keren),Dawn of The Dead (lumayan),Shaun of The Dead (kocak!),Resident Evil (semua serinya hancur),30 days of night (bukan zombie sih,ceritanya vampire,tapi bagus2 aja kok,ada element zombie massarcenya),nah,yang menjadi pertanyaanya,apakah [Rec] adalah film zombie yang gitu2 aja?


Cerita [Rec] sendiri cukup sederhana,bercerita tentang seorang Reporter televisi bernama Angelina Vidal (Manuela Velasco,swt cantik bener ini orang) dan kameramennya,Pablo (Pablo Rosso) yang sedang bertugas untuk meliput kegiatan Pemadam Kebakaran di malam hari,saat ada panggilan tugas masuk,2 orang kru tv ini beserta sekelompok tim pemadam kebakaran pun segera menuju TKP,namun ternyata,malam itu akan menjadi malam mimpi buruk yang pernah mereka alami (yang mengalami:2 kru tv,beberapa anggota pemadam kebakaran,beberapa polisi,dan beberapa penghuni apertemen,ah mungkin masih banyak biar engga spoiler)



klise dan sederhana memang,formula cerita seperti itu sepertinya memang sudah membatin di kebanyakan film2 begituan,namun yang membuat [Rec] lain daripada yang lain adalah...."what if,formula yang pernah ada di The Blair Witch Project digabung2in ama Zombie-Thriller:,dan hasilnya voilla!,sebuah genre Mockumentary terunik yang pernah ada,sekedar info,The Blair Witch Project itu adalah film dengan Genre Mockumentary pertama,jadi seakan2 filmnya terkesan real footage dari kejadian asli begitu,namun entah kenapa pas gw nonton The Blair Witch,gw malah ketiduran depan laptop,karena sumpah,film tanpa dramatisasi itu terkesan "jadi obat pengantar tidur" bagi gw,jadi dari skala 1-10.i give TBWP 6.0 out of 10,tapi lain TBWP lain [Rec],[Rec] itu kalau boleh digambarin ama 3 kata,3 kata itu ialah  "Hillarious Mockumentary Horror",selama menonton film ini gw mau2 aja dibodoh2in ama ini film,sumpah,aktingnya konyol abis,shacky camnya bikin kepala pusing,ditambah akting si Manuela Velasco (sumpah,ini orang cantik banget,gw rela dijadiin adek ato anak angkat ama ini orang) yang tingkat kekonyolan aktingnya terlalu over the top dan lain2,tapi selama film ini diputet,gw cuman bisa ngomong dalem ati "buset,ini film keren gila"



Tensi ketegangan yang dibangun dari pertengahan-akhir film benar2 dijaga dengan sempurna oleh Paco Plaza dan Jaume Balaguero,memang agak bertele2 di awal film,namun sejak pertengahan,film ini langsung menunjukan Cengkraman rasa takut yang mengikat penontonnya agar tidak sekalipun menutup mata,tanpa banyak omong dan langsung to the point,tanpa ba-bi-bu langsung keluar hantunya,raut muka ketegangan Manuela Velasco yang bikin kita ngerasa kasian ama dia (kenapa gak ada orang secantik Manuela Velasco di Indonesia dan kenapa Manuela Velasco gak ada Twitternya,saya butuh artis untuk distalking di twitter)ditambah movement cameranya footagenya sendiri yang bener2 Amatir namun Flawless (Amatir?,tapi Flawless?,gimana tuh)  somehow make this movie lain daripada yang lain,Paco Plaza tahu betul apa yang para penggemar film horror inginkan sejak sekian lama,sesuatu yang baru,[Rec] adalah inovasi dan landmarking baru dalam genre film horor di tahun 2007,setidaknya [Rec] berhasil memberikan kebodohan,kegilaan,ketegangan,unsur takut secara bersamaan dalam level,tingkat,dan cita rasa yang berbeda dari film horor lain.

gw berharap game ini mencungul di NDS,soalnya game yang 17++ dikit banget di NDS.

Akhir kata,gw suka dengan kebodohan yang diberikan film ini,ingat saja bodoh itu bukan berarti jelek,bodoh itu bukanlah sesuatu yang buruk,bodoh itu unik,bodoh itu jarang ditemui,bodoh itu keren,[Rec] memberikan pengalaman kebodohan namun mengasyikan dan menegangkan yang tak terlupakan,nonton [Rec] itu ibarat kita megang handy cam terus disuruh muter2 di kuburan malem2 jam 11 malem di hari malam jumat kliwon,apa yang kita rasakan?,kalo gw sih lari2 mah,maklum gw agak takut orangnya,seperti itu lah yang gw rasakan di pas nonton film ini,gw sangat ngenikmatin momen2 random di film ini,[Rec] bukan film horror terbaik memang,bicara soal film horror terbaik?,sampai saat ini film horror favorit gw itu ya The Evil Dead (1981),bahkan The Shinning dan The Exorcist,gw masih ngejagoin The Evil Dead,eh kok ngomonging The Evil Dead yak?,hedeh,intinya kalo disuruh membandingkan [Rec] ama film horor lain,[Rec] itu ibarat Dr.pepper dan film horror lain itu seperti Coca-Cola,Dr.pepper memang tidak seenak coca cola,namun Dr.Pepper memiliki cita rasa yang unik jika lidah anda sudah terbiasa meminum Coca-Cola,Dr.Pepper akan sangat nikmat jika dalam 10 tahun selama 1 minggu sekali anda selalu meminum 220ml Coca-Cola,paham maksud saya?


PS:dulu artis favorit gw itu Gillian Anderson,namun sekarang entah kenapa Manuela Velasco mulai menggeser posisi Gillian Anderson AKA:Dana Scully,sebenarnya sih niat ngeberi ini film skor 7.5 out of 10 doang,tapi gara2 artis unyu ini benar2 mantep performanya ya jadi.......






8.5 out of 10

1 comment: