Wednesday, September 5, 2012

Re-Animator (1985) Re-Review.


Tau Brian Yuzna?,mungkin sebagian besar remaja (gak) melek film seperti gw ngedenger namanya  malah keingetan Yul Bryner,om-om gundul yang terkenal lewat The Magnificent Seven (1960),gw juga kagak tau apa hubungannya Brian Yuzna ama Yul Bryner,ah,makin ga jelas ada tulisan ini,mungkin sebagian orang ga kenal Brian Yuzna,tapi om2 yang lahir di negara Philipina ini sempat memproduseri film omnibus indo yang berjudul Takut:Faces of Fear,dimana the mo brothers yang jadi sutradara rumah dara juga ikutan,sebelum memproduseri film indo yang IMO bisa dibanggakan itu,Brian Yuzna pernah menyutradarai film horor cult b-movie terkenal bernama Re-Animator,yang menarik perhatian gw sama Re-Animator bukan Brian Yuzna ato apanya,tapi ada beberapa oknum di forum2 luar yang mengatakan film ini saingan ama The Evil Deadnya Raimi yang secara gw ini fanboysnya T.E.D,mau gak mau penasaran ama Re-Animator.

Herbert West (Jeffrey Combs) adalah seorang murid ilmu kedokteran yang kelewat pinter,sampai satu kali waktu dia menemukan formula yang bisa mengubah suatu subjek hidup yang mati,bisa hidup lagi,dituduh membunuh seorang gurunya di Zurich University Switzerland,West yang gak rela dirinya dibilang pembunuh pindah Miskatonik University di inggris,dan ketemu ama Dan Cain (Bruce Abbott),dan akhirnya jadi temen 1 apartement,sampai satu kali waktu Dan menemukan West yang ngelakuin percobaan Re-Animator ke kucingnya Dan,yang mati,ternyata bisa hidup lagi,Dan dan Herbert pun nekat pergi ke kamar mayat di universitasnya buat ngetes kemampuan serum Re-Animatornya si Herbert,dan seperti yang bisa ditebak di seluruh film horor,semuanya tidak akan berjalan mulusss....



Sambil makan biskuit Khong Guan satu kaleng (gila,biskuit Khong Guan mahal amat sekarang,untungnya itu biskuit diberi relasi,bukan beli sendiri),gw mulai nonton Re-Animator dengan ekspektasi yang amat rendah,gw camkan dalam hati selama film ini berlangsung "Ini film horror kelas B","ini film goblok","ini film horor konyol","jangan berharap yang tidak-tidak sama adegan panas horornya",dan "jangan berharap film ini bisa menandingi kestupidan yang ada di T.E.D:,tapi ternyata,jeng-jeng-jeng-jeng~~~~,Re-Animator secara ajaibnnya,atau secara biadabnya,atau secara harafiahnya,setiap adegan,setiap dialog,hingga akting dan scream-queen ter-amateur,semua element yang hadir dalam Re-Animator berhasil jauuuh melebihi ekspektasi yang gw bayangin sebelumnya.




Gw jatuh cinta ama Re-Animator,dan menurut pemikiran alay gw,film garapan sutradara  Stuard Gordon ini merupakan film horor kult-B yang enak banget dinikmati buat nonton rame-ramean sama temen,pacar,abang-adek,except orang tua,karena Re-Animator bukanlah film horor yang bikin penontonnya tegang banget kayak The Thingnya Carpenter,bukan juga film yang nampilin Visioner Steady Cam kek The Shinning,Re-Animator itu jelas buat hiburan yang bikin penontonnya "tegang-santai",sekaligus "tegang-ngakak" lewat adegan yang menampilkan old-school effect yang mungkin bikin dahi mengerenyit mengingat adegan itu terlalu disturbing sekaligus konyol macam riki-oh yang sering diputer di lativi jaman gw SD kelas 4 dulu.


Efek Old-Schoolnya memang ga semegah The Thing,tapi sekasta dengan The Evil Dead,cukup ngebikin gw mual sambil ngunyah2 biskuit Khong-Guan hasil warisan tetangga sebelah ini,Re-Animator sukses bikin gw terhibur dengan lawakan2 yang tujuannya engga melawak lewat adegan Barbara Crampton yang teriak2 ala seorang Scream-Queen gagal,akting yang cheesy lewat muka pedofil Jeffrey Comb yang bikin gw senyum-senyum didi bebek,hingga aksi2 brutal dari zombie-zombie re-animator telanjang yang kelewat goblok,Re-Animator berhasil membuat para fans film horor kelas b jatuh cinta (termasuk gw) ama film ini,sepertinya benar kata2 yang sering dijadiin status facebook temen2 SMP/SMA gw pas lagi galau "Dari mata turun kehati",mungkin sepertinya ungkapan itu sangat ngena sekali pas gw nonton Re-Animator,film koplak ini keren,gokil,bodoh,bastard,goblok dan lain2,ajaibnya,gw seneng banget ama semua hal buruk yang ada di Re-Animator,ini bukan guilty pleasure...ini PERSONAL-PLEASURE!!!



Overall,film yang diadaptasi dari novelnya H.P Lovercraft yang berjudul sama dengan tambahan kata-kata "Herbert West's" didepannya sukses ngebikin horor-buff setengah jadi seperti gw dibikin seneng setelah jenuh ama film-film horor yang akhir-akhir ini keseringan makai CGI berlebih,selain dibikin speechless sambil ngakak sekaligus nganga sama adegan awesome yang terlalu epic itu,Re-Animator  memberikan sebuah pengalaman klimaks yang hebat dan bikin gw teriak "what the spongebob!?!?!?" dan nyaris membikin laptop gw jatuh dari ranjang sebab adegan terakhir yang brutal-rusuh dalam kamar mayat itu bener2 ngebikin gw terhenyak sambil membayangkan kedahsyatan film bernama Re-Animator ini yang suksis menggabungkan unsur stupid-konyol-goblok-horor-disturbing old school effects-scream queen sekseh-drama yang sakit di akhir cerita dan muka mesum Herbert West yang lagi2,bikin gw senyum2 didi bebek,sebuah film horor cult kelas b yang paling pas untuk dinikmati sendiri pas lagi galau,atau dinikmati rame-ramean dengan biskuit khong-guan tentunya(bah promosi!),well,fuck science,this is RE-ANIMATOR!!!











0 comments:

Post a Comment