Thursday, January 3, 2013

Jack Reacher (2012) Review


Sejujurnya awal tahun 2013 gue mulai dengan malas. Gua sendiri disuruh jaga rumah, keluarga semua lagi di Bali. (sial, aku ga ikut) Gua mengabiskan waktu main The Walking Dead: The Game dari Telltale Games (gamenya gokil loh, i recommend!) sampai tiba-tiba ada teman gue yang contact. Dia ngajakin gua nonton ke bioskop, gue  rada-rada malas trus gua tanya dia film apaan, barulah dia bilang kita mau nonton Demi Ucok. Pas itu langsung gua terperanjat! Oh iya ada Demi Ucok bulan Januari ini! langsung kita berdua (kami bukan gay) sampai biskop kurang dari lima menit. Sesampai disana kami kecewa karena Demi Ucok belum rilis. Baru Rilis esok hari. WTF Motherfu*er ngajak gue tanpa cek dulu!! Lalu kami yang kecewa menuju pintu keluar saat di bioskop kami ketemu guru matematika kami! Kita tanya, "Bu nonton apa bu?" ibu yang berinisial R ini bilang kalo dia mau nonton 5CM. (hebat juga ibu ini nonton 5CM) Sesaat gua terpikir mau nonton 5CM lagi, namun saat liat apa saja yang dishowing ada film berjudul JACK REACHER. Woh film apa ini? Tom Cruise yang main. begitulah gua mutusin gua mau nonton Jack Reacher tanpa mengetahui apapun soal film ini. Trailernya aja belum liat. Tanpa persiapan gua berfikir, apakah film ini worth it?



Tahun 2013 ini KFG akan mulai cara baru. di setiap review film akan disertai musik yang sesuai dengan film dan review. jadi untuk debutnya, ini adalah musik yang sesuai dengan Jack Reacher..

udahlah. gausah komentar! jarang-jarang ada videoklip Indonesia kualitas HD.


huehuehue. gue bisa posting ini karena gua gak sekolah! tanggung banget masuk hari kamis!

TOM CRUISE.
(keberadaannya ga ada yang memperhatikan karena kami semua memperhatikan PSK yang ada di belakang)

Film ini adalah adalah adaptasi dari novel kriminal bestseller "One Shot" garapan Lee Child yang bercerita tentang seorang penembak jitu bekas angkatan darat bernama James Barr yang dituduh membunuh 5 orang random sekaligus.. Saat mau disidang James dijebak, dan dalam keadaan koma. Sebelum dia koma dia meminta bantuan temannya yang bernama Jack Reacher. untuk lebih lengkapnya silakan nonton filmnya tau baca novelnya. bukannya gua malas spoilerin, tapi gue malas ngetik. oh ya also starring Rosamund Pike Sebagai pengacara Helen Rodin, dan David Oyelowo sebagai Detektif Emerson. (Wah si Emerson nih sejak pensiun dari Timnas Brazil dia alih profesi jadi detektif.)

ORANG INI.
stereotipe orang jahat Hollywood. Cukup dengan melihatpun kita sudah tau dia berperan jahat.

Highlight film ini adalah aktor utamanya, Yaitu Tom Cruise. Film ini mempunyai daya tarik karena Tom Cruise, TOM CRUISE IS JACK REACHER (jadi banyak orang yang mau nonton film ini). Coba bayangkan jika aktornya bukan Tom Cruise, misalnya... MIKE MYERS IS JACK REACHER (ini film komedi kah? mana ada yang mau nonton.), GEORGE CLOONEY IS JACK REACHER (palingan menarik pemasukan dari ibu-ibu rumah tangga.), JUSTIN BIEBER IS JACK REACHER (langsung diboikot film ini oleh Bieber haters), CHUCK NORRIS IS JACK REACHER (WAH SEPERTINYA INI FILM GOKIL!!)

TOM CRUISE.
Pengandaian sempurna seorang ABG galau 2013
TOM CRUISE
sepertinya dia bukan sahabat NOAH


Kalo disimpulkan sih ya... film Jack Reacher itu seperti Sebuah episode "Law & Order + 24 + Criminal Minds +  Homeland" dengan Jack Reacher (Tom Cruise) yang merupakan campuran antara Horatio Caine dan Jack Bauer sebagai karakter utamanya. That's it. gue ga perlu menjelaskan panjang lebar film ini film apaan, pasti sudah bisa mengira-ngira kan?

TOM CRUISE
saat mau nembak pun tetap pasang tampang fotogenis.

TOM CRUISE
berdiri gagah setelah para penjahat sudah dihajar stuntman

TOM CRUISE
kok dia bisa tau nomer gue??

waah mulai dari mana ya?
kita mulai dari plot aja, plotnya predictable, mudah diterka (mungkin bagi gua, karena gua keseringan baca novel-novel karya Agatha Christie). Jack Reacher terlalu hebat, Bahkan lebih hebat dari James Bond. penonton kelamaan jadi ignore terhadap cerita, soalnya keseluruhan film adalah Upaya Jack Reacher menyelamatkan seorang mantan tentara yang dituduh membunuh.(lebih hebat lagi karena si terdakwa ini cuma tayang kurang dari 10 menit)  Investigasi perlahan-lahan seperti ini udah banyak ditelevisi. CSI, Bones, Dexter, kalo udah ada serial tv-nya ngapain dibikin versi layar lebarnya? Karakter forgettable, perkembangan karakter minim, dan di film ini lagi lagi muncul trademark film-film action tahun 1980'an. (dimana saat ketemu musuh bukannya nembak, tapi malah ngerumpi dulu) mungkin ini adalah percobaan gagal franchise action baru. mungkin disusul Jack Reacher 2 & 3.

Para aktor yah... kurang menunjukan performa terbaiknya. Rosamund Pike, si supporting actor, hanya dapat kagum, kagum, dan kagum, pada twist, pada penyelesaian, dan hasil investigasi si Jack Reacher. peran sebagai Damsel in Distress itu doang. David Oyelowo, Richard Jenkins, Robert Duvall dan para aktor lain cuma sebatas Figuran doang. Karena semua mata tertuju pada Jack Reacher. Tom Cruise.. kutunggu penampilan kamu di Oblivion.

tapi yang paling jadi kritik adalah waktu rilisnya. December 21. Padahal 14 desember kemaren ada penembakan sekloah dasar Sandy Hook. Dan Saat gempar-gempurnya aturan "hak warga sipil mempunyai senjata api" di wajibkan, film ini rilis dan memperburuk keadaan. (ini faktor nonteknis sih.)

so... apakah film ini worth it? i would say.... NO.
buat apa nonton film yang sering diputar di layar kaca. bahkan satu episode "24" lebih gokil daripada ini.
harusnya gua tetep dirumah dan lanjut liat foto-foto member JKT48. #TeenageSin


PS: ini review pertama A.R tanpa ada Rage Comic satupun.

1 comment:

  1. kmaren d xxi d kota ane felm ini judulnya: Tom Cruise is Jack Reacher lolol

    ReplyDelete