Monday, September 30, 2013

Grand Theft Auto V (2013) Playstation 3 Review




Tentu umat manusia memiliki yang namanya hari bersejarah, entah itu hari kemerdekaan negara, hari terjadinya tragedi mengerikan, atau hari pernikahan, atau lebih gampang deh hari jadian. Trust me hari jadian itu bersejarah, gua aja lupa hari jadian gua oleh karena terlalu lama menjomblo. #curhat #galau


17 september 2013.. Itu adalah hari yang sangat bersejarah bagi umat gamers seluruh dunia. Hari dimana Rockstar Games merilis Grand Theft Auto V.

So, here it is guys... Grand Theft Auto V





A glimpse of GTA V

Sudah 5 tahun (3 tahun jika diitung DLC) berselang setelah game Grand Theft Auto mengguncang dunia gaming. Gua sendiri dibuat menyesal setengah mati akibat menjual PS3 gua terlalu dini. Sebenernya sih gua mau holdout sampe versi next-gen PS4 rilis, oleh karena promo screenshot yang di sebar kemana-mana grafisnya jauh lebih groundbreaking daripada the actual gameplay video, belum lagi soal ditemukannya XML coding dalam disc GTA V yang merunjuk pada versi PC & PS4. Dan bagi para holdouts, absentees, yang nunggu versi Next-gen atau versi PC rilis.. Jangan kuatir, ketahuilah kalian tidak berjuang sendirian! *hiks* *hiks*

Padahal gua udah optimis banget GTA V bakal rilis di PS4, jadi gua ngejual PS3 gua lebih awal buat beli PS4. Keputusan gua sih ga sepenuhnya salah, toh skrg ps gua YLOD! Lool. Jadi buat main GTA V ini gua terpaksa bermigrasi ke rumah sepupu gua Ryan & tinggal disana sementara waktu buat main GTA V. Gua nulis ini karena si Ryan minta tanda jasa oleh kedermawanannya memperbolehkan saya main di rumahnya.. Oke enough about me! Lanjut!

"Belum sejam gua setop main Grand Theft Auto V, gua udah rindu Los Santos." -A.R

"Anjing pun bahkan bisa bercinta di pinggir jalan." -mbahdarmoOoO

"Kenapa lo jadi main dirumah gue?!" -Ryan



Siapa sih gamer yang ga pernah main game GTA? Gua yakin semua gamer mau dia orang tua, bocah, cewek, newbie atau hardcore sekalipun pasti pernah main yang namanya GTA. Entah GTA III kah, vice city kah, san andreas kah, GTA 1 yang jadul, atau GTA yang di Nintendo DS ituu gua lupa namanya.

GTA is all about fun. GTA is all about freedom.  Lo mau ngerampok bank? Bisa! Lo mau merusuh? Bisa! Lo mau jadi warga yang biasa aja? Bisa! GTA memberi player kesenangan berbuat berbagai macam hal tanpa batas yang tidak mungkin bisa dilakukan di dunia nyata. Inilah mengapa game ini begitu populer, game ini ga menjadikan player sebagai mata-mata, ga menjadikan player sebagai pendekar, game ini cuma menaruh player ke dalam dunia virtual terus terserah dah mau ngapain habis itu.

Grand Theft Auto V bercerita tentang kehidupan Michael De Santa, Franklin Clinton & Trevor Phillips. 9 tahun lalu Michael & Trevor adalah pencuri bank professional, sahabat karib ala 'buddy cop' gitu. Hingga suatu saat pada sebuah perampokan yang gagal, Michael membelot meninggalkan Trevor dibawah perlindungan FIB (in-game FBI). Dari situ cerita langsung fast-forward ke masa kini dimana Michael telah pensiun dan menjadi miliarder sukses di Los Santos bersama istri dan kedua anaknya. Michael yang lama-lama jadi bangkrut oleh pemborosan yang dilakukan keluarganya, memutuskan kembali ke dunia kriminal demi men-support keluarganya. Michael bertemu seorang gangster bernama Franklin Clinton dan mulai bekerja sama dengannya melakukan bermacam macam pencurian hingga menarik perhatian Trevor Phillips, yang masih hidup tinggal di gurun dan kesal pada Michael. Mereka bertiga akhirnya bertemu, walaupun hubungan antara Michael & Trevor jadi ambigu awkward.. Mereka bekerja sama melaksanakan berbagai macam Heist.


Untuk pertamakalinya dalam sejarah GTA, seluruh Map kebuka dari awal permainan jadi lo ga perlu nuntasin misi misi dulu biar bisa unlock pulau lain. Btw size map GTA V ini adalah size map Red Dead Redemption, GTA IV, & GTA San Andreas digabung jadi satu! Gila besar amat! Gua dibuat kagum oleh kedetailan landscapenya, mulai dari puncak gunung sampai dasar laut semua bisa di akses bebas loading. Tetapi sayangnya limitasi mesin konsol generasi kini ya kurang sanggup merender dunia yang begitu cakep, jadinya ya terkadang lo meliat framerate dips, bahkan renderan teksturnya lambat loading. Walau ga begitu buruk, hal ini cukup mengurangi kesempurnaan game secara keseluruhan. (Makannya Rockstar, seharusnya kalian buat versi PS4 aja biar lancar.)





Di Grand Theft Auto V kita memainkan 3 orang karakter dengan kehidupan, kehebatan, dan keunikan mereka masing-masing;

-Michael De Santa, pria tengah baya kaya raya yang tinggal bersama keluarganya di Rockford Hills. (Beverly Hillsnya GTA) istrinya Amanda yang udah keliatan jelas banget selingkuh, putrinya Tracey yang berimpian tampil di televisi sebagai sosialita kotor, dan putranya Jimmy yang seorang FPS gamer yang sering menyumpah (Ini jelas banget sarkasme Rockstar mengejek game Infinity Ward, Call Of Duty yang kebanyakan playernya setipe Jimmy). Dia benci keluarganya, keluarganya juga benci dia. Mid-life crisis mendorongnya balik kepada jalan kriminal.

-Franklin Clinton. Pemuda kulit hitam yang berprofesi sebagai Street Hustler sekaligus repoman. Dia ingin lepas dari kehidupan low-profit gang life, ingin mencapai kemakmuran. Tetapi terjebak dalam hidup keras gangster oleh kawannya, Lamar yang ketua geng. pertemuannya dengan Michael menjadi breakthrough dia ke dunia yang lebih makmur, sebagai pencuri professional.

-Trevor Phillips.. Sobat karib Michael yang sinting bergaya kampungan beringas badass cadas. Sekaligus ketua dari TP Inc. AKA Trevor Phillips Industries AKA Trevor Phillips Enterprises, Suatu sindikat penggelapan senjata api dan narkotika. I only can tell you one thing about this guy; "Don't Mess With Trevor Phillips."

Gameplay sih ya pikir aja lo main GTA IV... Tetapi semuanya udah dipoles jadi jauh lebih enak. Nyetir serasa lo main game balapan! Tembak tembakan serasa lo main game Cover Shooter! Pokoknya soal gameplay muluss!

Penggunaan 3 karakter secara real-time dalam game memberi keunggulan-keunggulan tertentu daripada menggunakan hanya 1 protagonis. Dari segi narrative, setiap karakter punya kenalan masing-masing, setiap karakter punya personality tersendiri, keanekaragaman ini lebih menciptakan unsur immersive dan cerita yang dinamis. Dari segi gameplay juga setiap karakter punya skill dan special ability masing-masing; contohnya Michael paling hebat menggunakan senjata, Franklin paling jago nyetir, si Trevor paling handal nerbangin pesawat terbang. Tiap karakter juga memiliki kemampuan khusus; Michael dapat melakukan Bullet-Time (homage ke seri Max Payne), Franklin bisa slow motion driving, Trevor bisa beserk/rampage (homage ke old gta Rampage mode). Namun hal yang paling gua dapet semakin lama gua mainin 3 orang ini, adalah secara bawah sadar gua jadi melakukan "roleplay" sama mereka. Pas gua mainin Franklin, gua beneran jadi street hustler, berpenampilan hip-hop swag dan dengerin musik-musik rap. Pas gua switch ke Michael gua berubah peran jadi pria elegan, berpenampilan gentleman nan berkelas, bermoral positif dan belagu. Pas gua switch ke Trevor... Well it's classic GTA: "I do whatever the fu*k i want!"

Tentu dengan adanya 3 protagonis ini, cara permainan lebih keren dari game dulu dulu. Misi jadi lebih fresh sama spektakuler! fetch missions, trail missions, deliver missions udah lewat zamannya, banyak varietas misi-misi yang diperoleh dari penggunaan character switching. Dalam satu misi, bisa satu, bisa dua, bisa juga ketiganya tampil sekaligus! Contoh pas misi menjatuhkan jet pribadi, Michael ambil peran jadi Sniper jarak jauh, bertugas menembak mesin pesawat. Lalu gameplay langsung switch me Trevor yang naik motor trial ngejar pesawat jatuh lewat offroad. Contoh juga pas misi menculik informan FIB, Trevor jadi pilot helikopter, Michael rappelman/gunman, si Franklin jadi long range sniper. Gameplay terserah kita mau switch kapanpun antara mereka betiga, pas naik heli lo ditembakin, langsung switch ke Franklin sniping pilot heli musuh, switch balik ke Trevor pas udah mengamankan superioritas angkasa. Saat diluar misi, switching antara ketiga jagoan ini tetap berlaku, pas mau switch, game akan beralih ke bird's eye perspective, dan langsung zoom ke karakter yang kita pilih. Soalnya pas gak dimainkan, kedua karakter yang lain ini free will.. Jadi lo dibuat penasaran "lagi ngapain sih si trevor?" Pas pindah mereka bisa melakukan bermacam macam aktivitas; Franklin lagi santai di strip club, switch ke Michael yang bangun dalam mobil hyper, lalu switch ke Trevor yang tiba-tiba ikut komunitas motor vespa. The possibilites are endless.

Jika Liberty City di GTA IV terasa seperti kota hidup, maka Los Santos & Blaine County di GTA V serasa dunia yang hidup. Terlalu banyak konten yang dimasukan ke game, bahkan player sendiri tidak sadar akan hal itu. Dari bawah laut hingga puncak gunung semua terisi detail yang ga bakal ngebikin bosan. NPC NPC di game semua memiliki hidup masing masing, pas pagi ngeliat orang baru keluar rumah nunggu bus, siang hari gua ngeliat lagi tu orang kerja jadi tukang kebon di perumahan Vinewood. Ada orang hiking di gunung ngeliat pemandangan bagus, langsung difoto. Saking hidupnya game ini, gua pernah pas mau cukur rambut tiba tiba tempat itu di rampok, uang gua dicuri.. Yah tapinya gua kejar and gua lucuti perampok itu, trus duitnya bisa kita ambil, atau kita baik hati balikin ke tukang barbershop itu. Kejadian random macam inilah yang bikin gua kagum, membuat gua sadar walaupun ga penting, pedestrian-pedestrian ini hidup di dunia GTA V.

Aktivitas aktivitas yang ditawarkan banyak sekali, jadi gua sendiri bingung mau ngapain.. Dari Golf, Tennis, Darts, Hunting, Strip Club minigame (kalo sukses, cewenya bisa dibawa pulang wiii!!), Bioskop (pernah nyoba sekali, ajaib bioskop ini muter film 'Western Arthouse'), Triathlon, dan masih banyak lagi! Lengkap dengan dunia internet in-game dimana lo bisa beli properti juga kendaraan, bisa login Life Invader (facebook parody GTA) and update status sekaligus stalking, bisa join cult Epsilon Program, liat berita (ada rasa kepuasan khusus habis mengacau kekacauan yang gua perbuat masuk berita). Walau kali ini Internet in game ga ada Blogging & situs dating spt GTA IV, di GTA V lo bisa main saham! Gua dapet banyak duit dari sini, sekalian bagi bagi tips soal stock market nih; Yang kita lakukan di game, berpengaruh pada pasar saham. Contoh trik gua, gua jalanin misi ngebunuh bos dari Burger Shot, gua invest saham di perusahaan rivalnya, Cluckin' Bell. Jadi pas chairman Burger Shot kebunuh, saham mereka turun drastis and saham gua naik.. Tinggal dijual deh keuntungan berlipat ganda~ wkwkwk. Sama halnya diluar misi, Lo ke airport Hancurin pesawat pesawat Fly Us, tapi sebelum itu invest dulu di perusahaan saingannya lakukan seperti tadi, bisa juga invest di perusahaan asuransi, hancurin banyak mobil, saham asuransi jadi naik! Asik kan!! 

Dari segala kehebatan diatas, GTA V adalah sebuah game yang ambisius, satu hal yang benar benar dipamerkan oleh Rockstar adalah soal Heist! Tentu lo udah pernah nonton film film seperti Heat, Dog Day Afternoon, Inside Man, Ocean's Eleven, The Italian Job, The Great Train Robbery gitu. Film film itu membahas soal pencurian besar besaran mulai dari rencana, hingga eksekusi. well di GTA V kita bakal melakukan Heist-Heist seperti film film keren diatas. Lo sendiri yang nentuin krew buat heist, gimana pendekatannya, dan mengumpulkan equipment buat Heist. Jadi pas heist jalan, lo sendiri bakal bangga atau nyesel soal hasil heist ini; "kampret! kenapa gua pilih mobil ini buat kabur?!", "Sopir gua tolol banget!", "WTF?! gua pilih hacker yang bahkan ga bisa ngerun software antivirus?!"... yah begitulah kira-kira Heist-heist gua berlangsung. serumit-rumitnya Heist gua, yang paling membuat gua kagum adalah bisa foto selfie.


Video game pertama dimana lo bisa pamer postingan foto alay kehidupan kaya raya.  


That awkward moment when your pet is gay

Sebelum gua rampok toko ini, gua selfie dulu

i don't want to know what the hell happened

uhhh....... Welcome to Los Santos

inilah akibatnya kalo istri yang nyetir

"Let's cook"


gotta follow this guy
s

dan setelah gua selesai main game ini, (dengan endingnya yang konyol) gua merasa perlu melakukan 3 hal di hidup gua..

1. Suatu saat nanti gua harus pergi ke Los Angeles.
2. Suatu saat nanti gua harus merampok bank
3. I need to get high.... if you know what i mean


final verdict:
Grand Theft Auto V is an everything simulation that is Grand in every sense...






24 comments:

  1. gan minta tips main saham yang lebih detail ...
    ga begitu ngerti ane gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam game ada 2 jenis pasar saham, yaitu Liberty City National Exchange (Offline Stock Market), sama BAWSAQ (Online Stock Market). Tiap kegiatan yang lo lakuin di game berpengaruh pada naik-turunnya harga saham. Hal-hal yang lo lakuin dalam Story Mode perpengaruh ke LCN, kalo lo main GTA Online, maka BAWSAQ yang perpengaruh.

      Caranya spt yang ane sebut di review ane;
      Contoh:

      1. Kalo ente semisal berencana ngerampok cabang "Bank of Liberty", sebelum ngerampok, bergegaslah ente nge-invest saham di Bank saingannya; "MazeBank". Soalnya saham BIL pasti turun kalo salah satu cabang banknya kerampok, dan para nasabah jadinya hilang kepercayaan dan malahan ngedeposit uang mereka ke MZB.

      2. Ente mau invest di perusahaan mobil? semisal ke perusahaan Pegassi, tapi harga sahamnya terlalu tinggi? Gampang. Hancurin aja semua kendaraan rakitan Pegassi (Infernus, Vacca, Monroe, Bati 800, etc) pokoknya setiap ente liat mobil merek Pegassi, hancurin! Harga saham Pegassi akan merosot jatuh di pasar saham. Dengan harga murah itu, ente bisa beli dengan cuma-cuma. Terus cara naikin saham Pegassi lagi adalah ente menangin berbagai balapan, stunts, sekuens aksi pake mobil merek Pegassi. Otomatis berkat aksi kalian, Pegassi naik pamor dan sahamnya juga naik. Jual dah tuh saham, ente beli murah, ente jual 20x lipat harga beli. Kaya mendadak deh.

      Triknya adalah perhatikan perkembangan di Los Santos lewat berita di radio atau internet yang bisa diakses pake smartphone. Beli saham perusahaan yang murah, ledakin perusahaan saingannya. Ente ini ibarat "The Wolf of The Exchange" (wall st nya GTA) orang jahat yang main saham. HUAHAHAHA

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Gan, bisa nyebutin saingan dari tiap saham nggak? ._.
      Soalnya ane agak bingung x_x
      Trus 1 lagi, ada nggak gan misi yang bisa kita invest dulu baru kelarin misinya? ._.
      Kalo ada, misi" apa aja gan? ._.y
      Contoh : misi "xxxx" invest ke "xxxx" trus saingannya harus di apain? ._.y
      Mohon bantuannya gan ._.y

      Delete
  2. hahahahahaa seru bgt ya jo, gw br 35%an main gamesnya

    ReplyDelete
  3. saya setuju dengan anda...ini adalah game yg komplit....it's more than just a game bro....

    ReplyDelete
  4. Bro ane baru beli bd gta 5 tp ga bisa ngbaca di ps3 ane..toling kasih pencerahan...ps3 ane super slim 250gb cwf 4.50
    Thankz

    ReplyDelete
  5. gan bantu ane dong, ane maen gta v udah sampe 69,7%.. nah d situ udah gak ada misi lagi, ada tulisan d pokok kiri atas tapi ane gak ngerti.. bisa bantu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pasti heist ketiga, "Blitz Play". Bagian situ lo disuruh nyuri mobil terus parkir di tempat sepi dekat lokasi heist. Lebih lengkapnya baca disini http://gta.wikia.com/Blitz_Play

      Delete
  6. the best game dari semua game yang pernah ane mainin gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice, tapi saran ane ente mesti lebih banyak main game lagi gan. Masi banyak yang lebih mantep dari GTA V. XD

      Delete
  7. Gan. Abis smua missi slsai. Kok ga bisa masuk strip club ya...

    ReplyDelete
  8. Gk bisa masuk restoran ya gan? Gk bisa naik kereta ? Gw kecewa 2 ini gk bisa dilakukan, padahal di GTA versi sebelum nya bisa naik kereta dan masuk ke restoran? Mohon dijawab gan.
    ლ(´ڡ`ლ)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, memang betul. Makanya GTA IV masih lebih "Lengkap" game worldnya

      Delete
  9. Coba main True Crime NYC deh, itu game PS2 freeroam dimana lu bisa masuk segala macam gedung. One of the most underrated games of all time

    ReplyDelete
  10. Jual aja ps3 lu. Beli PS4.

    ReplyDelete
  11. Yahh kalo ente smua pada males nyelesein misi di gta 5 donlod aja save2annya digoogle gan.. Kaya ane.. Ane donlod trus save ke flasdisk trus ane colokin ke ps trus ane copy ke ps trus mainin.. Pas gw mainin eh si trevor punya mobil buatan.. Trus uangnya ga kehitung gan :3 donlod aja save data di google..paling cuma 400mb'an cuma 1mnt donlod

    ReplyDelete
  12. "gua merasa perlu melakukan 3 hal di hidup gua"
    Njir menghayati banget lu gan. hahaaa

    Nice review. untuk yg lagi cari cheat Gta 5 silahkan baca artikel Berikut Cheat GTA 5 di PC PS3 PS4 dan Xbox

    ReplyDelete
  13. cara pake ability di ps 3 pencet apa? #NEWBIE

    ReplyDelete
  14. Julio alang itu pc nya gak kuat jalanin gta5 mungkin, jd ngotot bagusan gta 4 , emang gta 4 ada hewan, bisa nyelam ?, bisa tato ?, punya anak, punya istri ?, handling mobil aja gak karuan pake ngibul enak gta 4 . go fuck yoself!!

    ReplyDelete
  15. Ada yg bisa bantu ane gan, knp heist yg habis misi scouting of port gak muncul2?
    Ane udah nunggu beberapa hari masih aja gk dapet sms dari si wade

    ReplyDelete